Ramayana

Ramayana
Ramayana adalah suatu kisah perjuangan yang ditulis oleh Walmiki. Ramayana berasal dari bahasa sansekerta yang berati perjalanan rama.
 Ramayana juga ditulis dengan bahasa jawa pada kakawin Ramayana.

di india Ramayana dibagi menjadi 7 kitab anatara lain :
  • Balakandha merupkan awal kisah ramayana. kitab ini bercerita tentang Prabu Dasarata yang mempunyai 3 permaisuri yang salah satunya adalah ibu dari Ramawijaya. kitab ini juga menceritakan tentang Ramawijaya yang memenangkan Sayembara dan mendapatkan Dewi Sinta.
  • Ayodyakandha isi kitab ini menceritakan tentang permohonan Dewi Kekayi ibu tiri Ramawijaya untuk membuang Rama kedalam hutan selama 13 tahun dan juga menceritakan tentang diangkatnya Raja Baratha atas Nama sang kakak Rama.
  • Aranyakandha memuat cerita tentang kehidupan Rama Sinta dan juga laksmana saat didalam hutan, kisah penculikan sinta dan juga pertarugan antara Rahwana dengan Burung raksasa jatayu sahabat dari Raja Dasarata.
  • Kiskendakandha menceritakan tentang pertemuan Rama dengan Sugriwa dan membantu Sugriwa untuk mendapatkan kerajaanya kembal yang semula diperintah oleh kakaknya subali. dalam kitab ini juga diceritakan tentang terbunuhnya Subali ditangan Rama. lalu sugriwa dan Rama bersekutu untuk menggempur kerajaan Alengka.
  • Sundarakandha dalam kitab ini diterangkan saat Rama dan juga bala tentaranya saat membangun jembatan situbanda untuk menyebrangi lautan untuk sampai di tanah alengka, dalam kitab ini juga menerangkan tentang Anoman yang menjadi Duta besar Rama untuk menghadap sinta lalu ditangkap indrajit dan dibakar namun anoman lolos dari api malah anoman mampu membakar tempat-tempat penting dikerajaan alengka.
  • yudakandha Bercerita tentang pertempuran besar antara pasukan kera melawan pasukan Rakasasa yag dipimpin rahwana, kisah pengusiran Wibisana dari Alengka dan juga kematian Rahwana yang gugur sebagai ksatria di ujung panah sakti milik Rama.
  • uttarakandha kitab ini menceritakan pembuangan Sinta saat sedang mengandung kusya dan lawa karena keraguan rakyat ayodya tentang kesucianya yang lama tinggal di Tempat Rahwana, Sinta hidup di pertapaan Resi walmiki dan sinta kembali ke kerajaan Ayodya saat upacara Aswameda dan pada saat itulah dinyanyikan kisah Ramayana yang ditulis oleh Resi Walmiki.
Di tanah Jawa Ramayan sangat populer dengan kisah-kisahnya dalam lakon seni pertunjukan wayang kulit, wayang orang hampir di semua pementasan pertunjukan seni mengangkat kisah Ramayana.

lakon lakon yang banyak dikisahkan dalam seni pertunjukan antara lain adalah :
  1. Perang Subali Sugriwa
  2. Kumbakarna Gugur
  3. Anoman Obong
  4. Anggada mbalela
  5. Rama Tambak
  6. Rama ilang
  7. Megananda Antaka
Sebenarnya masih banyak lagi lakon seri Ramayana, namun karena saya cuma penggemar dan bukan narasumber jadi cuma tau sedikit-sedikit jika mungkin dari kakak bro dan kakak sist ada yang mau nambahin  bisa langsung koment dibawah.


0 Response to "Ramayana"

Post a Comment