Kisah Dewi Sinta diculik Rahwana

dalam cerita Ramayana penculikan Dewi Sinta adalah awal dari permulaan perselisihan alengka dan ramawijaya.
Saat Dewi Sinta dan Ramawijaya menikah mereka harus pergi meninggalkan kerajaan ayodya dan harus menjalani masa pembuangan selama 13 tahun.
hal tersebut adalah permintaan dari Dewi kekayi ibu tiri dari Rama yang menuntut janji Raja Dasarata untuk menjadikan putranya barata menjadi raja.

dengan ke ikhlasan hati Rama ditemani istrinya yang setia Sinta, dan juga adiknya yang tersayang Leksmana pergi meninggalkan kerajaan dan mengasingkan diri kehutan.

Disaat perjalan ketemulah mereka dengan pasukan Rahwana yang menjaga janastana, lalu tanpa pandang bulu pasukan janastana ditumpas habis oleh Rama karena sudah terlalu sering mereka mengganggu para brahmana.

Dengan Hati marah Rahwana dan dengan ditemani ditya kala marica mendatangi Rama berniat untuk balas dendam. Namun betapa terkejutnya rahwana saat melihat kecantikan Dewi Sinta ,
lalu diperintahkanlah Marica untuk menyamar sebagai Kijang emas yang saat cantik dan mendatangi pondok mereka.

ILUSTRASI
Melihat keindahan kijang itu Dewi Sinta mengutarakan maksudnya untuk memiliki kijang tersebut kepada suaminya, karena terus didesak akhirnya Rama berusaha mengejar dan menangkap kijang tersebut.
sebelum Rama pergi ia memerintahkan kepada Leksmana apapun yang terjadi jangan tinggalkan Dewi Sinta sendirian,..

tak lama kemudian terdengarlah suara Rama menjerit minta tolong,
Dewi Sinta pun panik, tapi tidak dengan Leksmana , karena leksmana adalah seseorang yang Amanah dalam melaksanakan perintah, apalagi ditambah kecurigaan dengan adanya kijang yang berbulu emas pasti itu hanya jelmaan seseorang,..

Karena kepanikanya Dewi Sinta memerintahkan Leksmana untuk menyusul kakaknya yang teriak meminta tolong, awalnya Leksmana tidak mau menuruti perintah kakak iparnya itu,. Mengetahui leksmana tidak mau menuruti perintahnya , dewi sinta pun marah dan menuduh jika Leksmana punya niat buruk terhadap Sinta.

Leksmana tersinggung dengan ucapan Sinta, namun sebelum laksmana pergi ia memagari sinta dengan pagar gaib , yang tak ada satu orangpun bisa melewatinya. dan berpesan kepada sinta apapun yang terjadi jangan sampai keluar dari garis ini.

penculikan sinta
Laksmana memasang pagar gaib

selang beberapa waktu setelah kepergian Leksmana , datanglah seorang brahmana tua menghampiri sinta dengan nada rintih karena kehausan dan ingin meminta seteguk air. ia adalah sebenarnya Rahwana yang merubah wujudnya, karena rahwana sadar jika sinta didalam lindungan pagar gaib leksmana.

pada saat sinta mengulurkan tanganya untuk memberikan air minum , ditariklah tangan Sinta oleh rahwana. seketika Sinta langsung digendong dan dibawa kabur oleh Rahwana. sebelum Rahwana kabur ia sempat menjatuhkan perhiasan sinta sebagai petunjuk untuk Rama.

Jatayu adalah burung raksasa sahabat dari Raja Dasarata ayah Rama , mendengar jeritan tangis lantas jatayu mencari asal dari suara tangisan itu yang tak lain adalah suara tangisan Sinta,..
terjadilah Pertempuran oleh Jatayu dengan Rahwana yang dimenangkan oleh Rahwana, dan Jatayu terluka parah sehingga tak mampu lagi untuk terbang.

sesaat setelah Rama dan Leksmana kembali ke pondok dan menyadari bahwa sinta tidak ada dan hanya menemukan perhiasanya, mereka mencari seluruh hutan. disaat pencarianya bertemulah Rama dengan Jatayu.

Sebelum Jatayu meninggal , Jatayu menceritakan semuanya kepada Rama tentang apa yang telah terjadi, bahwa istrinya telah diculik oleh Rahwana raja dari alengka. Dari situ Rama berjanji akan mengambil kembali Sinta dan menumpas perbuatan angkara murka.


3 Responses to "Kisah Dewi Sinta diculik Rahwana"