Dasamuka

Rahwana
Rahwana atau Dasamuka adalah tokoh antagonis dalam seri cerita Ramayana.  Dasamuka adalah anak dari Resi wisrawa dengan Dewi Sukesi Raja Negara Alengka.mempunyai 3 saudara kandung yaitu adalah kumbakarna, Sarpakenaka, dan Wibisana.

Dasamuka mempunyai watak jahat, angkara murka, kejam, Dasamuka adalah seorang penguasa yang sangat sakti , dengan ajian Rawarontek yang diberikan dari Prabu Danaraja dan Ajian pancasona Dari Resi Subali membuatnya kekal tak bisa dibunuh.

Dasamuka mempunyai beberapa istri antara lain adalah :
  1. Dewi Tari berputra Indrajit
  2. Dewi Urangrayung berputra Pratalamayam
Dasamuka terkenal mempunyai banyak istri dan selir , karena dalam setiap penyerangan dan negara taklukan selalu memboyong putri untuk dijadikanya sebagai selir di Alengka.


 dan dari beberapa istri nya Dasamuka mempunyai putra :
  1. Yaksadewa
  2. Trisirah
  3. Trimuka
  4. Trimuda
untuk menjadi seorang Raja di Alengka , rahwana menghalalkan seribu cara mulai dari menikung kakek dan pamanya sendiri.
Rahwana sangatlah ber ambisi untuk menguasai Dunia , setiap ia mendengar jika ada ksatria sakti pasti didatnanginya dan menantang untuk bertanding adu kesaktian.

dalam hal itu Rahwana tidak pernah mengalami kekalahan , kecuali saat dia melawan Resi Subali dan Prabu Arjunasasrabahu dari maespati.

saat itu prabu Arjunasasrabahu yang sangatlah marah karena rahwana telah membunuh mahapatihnya yaitu Patih Suwanda akhirnya Prabu Arjunasasrabahu bertarung sengit dengan Rahwana yang akhirnya Rahwana mampu dikalahkan , dikrangkeng , dan diseret mengelilingi setiap Gang gang dikerajaan Maespati, tidak hanya itu , Rakyat yang telah kesal dengan perbuatan Rahwana selama ini ikut juga mencaci rahwana , melempari dengan batu dan lainya.

melihat Rajanya diperlakukan dengan keji Ditya Kala Marica pengikut setia Rahwana mempunyai dendam mendalam terhadap Prabu Arjuna Sasrabahu, Ditya Kala Marica menyamar sebagai punggawa maespati lalu masuk kedalam taman sekar kedaton tempat dimana permaisuri Prabu Arjunasasrabahu menikmati kemewahan kerajaan.

lalu ditya kala marica memberikan kabar palsu kepada permaisuri Prabu Arjunasasrabahu bahwa Suaminya telah gugur melawan Rahwana, Mendengar kabar yang disampaikan punggawa yang sebenarnya adalah Ditya kala Marica ini Permaisuri memutuskan untuk bunuh diri dan diikuti semua selir dan biyung emban yang berada di dalam kedaton.

Dalam kisahnya Dasamuka selalu ingin memperistri Dewi Widowati dan titisan Dewi Widowati yang antara lain adalah Dewi Kusalya ibu dari Sri Rama dan Dewi Sinta Istri Sri Rama.

Dassamuka hanya dapat ditakhlukkan oleh Arjunasasrabahu Raja dari Maespati , dan Resi Subali sebelum dia mati diujung panah Gowawijaya milik Sri Rama.

0 Response to "Dasamuka"

Post a Comment