Dewi Sinta

dewi sinta
Dalam cerita seri Ramayana Dewi Sinta seorang perempuan cantik dari negara Mantili , ia ditemukan raja mantili yaitu Prabu Janaka didalam ketupat (peti) sinta , maka dewi sinta adalah terjadinya penemuan bayi di dalam ketupat sinta.

peti berisi bayi wanita itu sebenarnya berasal dari alengka, yaitu anak dari rahwana dan wibisanalah yang membuangnya karena sinta merupakan titisan bethari widowati,

mengingat Rahwana selalu ingin menikahi widowati maka dibuahlah anak rahwana dengan tujuan agar tidak dinikahi sendiri oleh ayahnya , dan digantikan seorang bayi laki-laki yang terbuat dari gumpalan awan hitam yaitu Indrajit.

Dewi Sinta adalah Titisan dari Bethari Widowati istri dari  Bathara Wisnu,
Selain cantik Dewi Sinta ini adalah istri yang sangat setia kepada suaminya Prabu Ramawijaya.

Dewi Sinta merupakan seorang istri yang sanga berbakti dan setia kepada suaminya rama.
meskipun dia di perlakukan bak permaisuri raja di alengka , ditempatkan pada taman yang indah dicukupi semua kenginananya , namun sinta sedikit tidak pernah mempunyai niatan untuk menerima cinta Rahwana.

Saat itu sinta memutuskan untuk bunuh diri karena rahwana mengirimkan dua kepala manusia yang menyerupai kepala rama dan laksmana , yang sebenarnya adalah kepala dari kedua anak rahwana sendiri , yang rela berkorban untuk ayahnya dalam berusaha untuk meyakinkan sinta jika suaminya rama dan adik nya laksmana teah mati.

Tetapi niat sinta untuk bunuh dir mampu digagalkan Trijata anak dari wibisana yang selalu menemani sinta di sekar kedaton.
Trijatta memberitahu yang sebenarnya dia lihat bukanlah kepala dari Rama dan Laksmana melainkan kepala dari anak Rahwana itu sendiri.

setelah peperangan Ramayana yang dimenangkan oleh pasukan kera , Sinta menjalani test kesucian dengan menenggelamkan diri didalam kobaran api , karena memang berkat kesetiaan sinta kepada suaminya Sinta terbebas dari kobaran api dan keluar dengan hidup hidup ada ada satu titik pun yang terluka pada tubuh sinta.

Ramawijaya mendapatkan Dewi Sinta dengan mengikuti dan memenangkan sayembara mengangkat busur dewa siwa di kerajaan mantili.
Dewi Sinta mendapatkan 2 putra Yaitu
  •  Lawa dan 
  • Kusya.
karena kesetiaanya kepada sang suami Dewi Sinta rela mengikuti Ramawijaya menjalani pengasingan selama 13 tahun bersama adik iparnya Leksmana.

dalam masa pengasingan inilah Dewi Sinta diculik oleh Rahwana, Setelah suaminya pergi untuk memburu Kidang mas. padahal itu adalah jelmaan ditya marica yang disuruh rahwana untuk menjadi seekor kidang mas yang indah agar dewi sinta menyuruh suaminya untuk mengejarnya. dan terjadilah seperti yang direncanakan Rahwana.

Ramawijaya mengejar kidang mas tersebut, meninggalkan sinta dan Leksmana.
karena kecerdikan rahwana inilah yang membuat leksmana meninggalkan sinta seorang diri.
Rahwana yang kala itu menirukan suara Rama yang sedang meminta tolong , mendengar teriakan tersebut sinta menyuruh Leksmana untuk mencari kakaknya dan ditinggalkanlah sinta seorang diri.

klik baca Selengkapnya untuk kisah lebih lanjut tentang penculikan sinta.

0 Response to "Dewi Sinta"

Post a Comment