Sugriwa

sugriwa
Sugriwa adalah Perwujudan kera, seorang Raja kera pada kerajaan goasiskenda dalam cerita ramayana Sugriwa adalah senopati perang Sri Rama Bersama Anoman dan laksmana.

Sugriwa adalah anak bungsu dari 3 bersaudara putra dari  Resi Gautama dengan Dewi Windardi.
Anjani adalah kakak pertamanya dan disusul Subali sebagai kakak kedua dan terakhir Sugriwa ,awalnya mereka berparas elok, cantik serta tampan. sebelumnya Sugriwa Bernama Guwarsa dan  Subali adalah Guwarsi

namun karena perebutan cupu Manik astagina antara Anjani, Guwarsa, dan Guwarsi mereka dikutuk menjadi seekor kera.

Sugriwa memperistri Dewi Tara setelah kakak nya Subali mampu mengalahkan mahesasura dan Lembusura di Goa Kiskenda,
waktu itu Subali dan Sugriwa diperintahkan Dewata untuk membantu kahyangan yang sedang di serang Mahesasura dan Lembusura, dengan imbalan Dewi Tara jika mampu mengalahkan Mahesasura dan Lembusura.

akhirnya Subali dan Sugriwa Mendatangi mahesasura yang berada didalam goa kiskendapura , Subali memerintahkan Sugriwa untuk menunggu di depan mulud Goa dan melihat aliran sungai kecil disampingnya.

Subali memberi pesan kepada Sugriwa jika aliran sungai itu mengalir darah merah maka aku telah mengalahkan mahesasura, akan tetapi jika aliran darah putih yang mengalir maka akulah yang mati lalu tutuplah mulud goa agar mahesasura tidak bisa keluar dari goa.

Setelah itu Subali langsung bergegas masuk kedalam goa dan, tidak disangka ternyata Lembusura pun sudah menantinya didalam Goa.
pertarungan antara Subali , Mahesasura, dan Lembusura itupun terjadi sangat sengit sampai berlangsug beberapa hari , karena mereka sama-sama sakti.
sampai akhirnya kemenangan ada pada subali dengan membenturkan kepala lembusura dan mahesasura sampai pecah dan otaknya berantakan.

dan yang mengalir disisi mulud goa adalah campuran cairan darah merah dan putih hasil dari cairan pecahan otak mahesasura dan lembusura, seketika membuat Sugriwa bingung dengan apa yang terjadi , lalu Sugriwa mengambil keputusan untuk menutup mulud Goa karena dikira Subali dan mahesasura mati sampyuh (mati semua).

lalu Sugriwa pergi ke khayangan untuk memberikan informasi jika mahesasura , lembusura telah mati bersama kakaknya Subali.
dan akhirnya dewata memberikan imbalan Dewi tara Kerajaan kiskenda beserta pasukan kera itu kepada Sugriwa,

0 Response to "Sugriwa"

Post a Comment