Tokoh Ramawijaya

wayang Ramayana
Ramawijaya merupakan tokoh utama dalam cerita Ramayana yang terlebih dahulu tenar sebelum mahabarata.
Prabu Ramawijaya adalah raja dari kerajaan pancawati.
mempunyai Nama lain Sri Rama, Ramayana, Ramabadra, Rama Regawa, Ramacandra.

ia adalah anak tunggal dari Prabu Dasarata dari negara Ayodya dengan permaisuri nya Dewi Kusalya.          Ramawijaya mempunyai 4 saudara seayah lain Ibu antara lain adalah Laksmana , Barata, Satrugna, dan Dewi Kawakwa.

Ramawijaya bertugas menciptakan kesejahteraan di dunia karena dia adalah titisan sang maha wisnu. Rama menikah dengan Dewi Sinta Titisan dari Bethari Sri Widowati.

Dari pernikanya Ramawijaya memperoleh 2 keturunan Yaitu Lawa dan Kusya.
Kedudukanya sebagai putra mahkota di ayodya bukan berarti Rama mewarisi tahta Ayodya, karena demi memenuhi tuntutan dewi kekayi kepada Raja Dasarata untuk menjadikan anaknya Barata menjadi Raja Penerus Dasarata.

Rama harus menjalani pengasingan selam 13 tahun bersama istri dan adiknya Leksmana.
Rama berbudi luhur , sabar , Namun kesaktianya tidak bisa di ragukan lagi.

Sebelum Ramawijaya dibantu oleh sugriwa dalam melawan Rahwana , terlebih dahulu rama membatu sugriwa dalam merebut kembali kekuasaan dari kerajaan goa siskenda dengan membunuh resi subali kaka dari sugriwa itu sendiri.

perselisihan itu dimulai saat kesalaha pahaman subali Sugriwa waktu perang melawan mahesasura dan lembusura, perselisihan memuncak saat rahwana memprofokasi subali atas kesalahan yang diperbuat sugriwa dalam rangka memecah belah subali sugriwa.

senjata yang dimiliki oleh Rama adalah panah guawijaya yang terkenal sangat ampuh, panah itu bisa menjadi apapun yang di inginkan pemanahnya saat dilesatkan, resi Subali mati karena panah sakti ini.
Rama meninggal karena umurnya yang sudah senja di Ayodya setelah menjabat Tahta menggantikan Barata.

0 Response to "Tokoh Ramawijaya "

Post a Comment